Memilih Jenis Kayu Untuk Furniture

kayu furniture

Furniture adalah istilah untuk perabot rumah tangga yang berguna sebagai tempat penyimpanan barang, sebagai tempat duduk, tempat untuk tidur, dan untuk lainnya. Dulu pembuatan furniture dengan memakai kayu yang utuh atau tanpa sambungan. Namun, karena persediaan kayu yang terus berkurang, maka saat ini orang memakai kayu dengan cara disambung.

Berikut adalah jenis kayu sebagai bahan pembuatan furniture seperti :

 1. Kayu solid

Jenis kayu ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan kayu olahan. Namun, harganya pun sangat mahal karena persediaan kayu yang terbatas. Dalam proses pengerjaan pun juga diperlukan keterampilan khusus.

2. Kayu lapis (plywood)

Kayu ini biasa dikenal dengan sebutan tripleks atau mutipleks. Kayu ini terbuat dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan tekanan yang tinggi. Ketebalan dalam kayu lapis ini juga menentukan kestabilan dan kekuatannya.

3.  Kayu MDF

Jenis kayu ini terbuat dari serbuk kayu halus serta bahan kimia resin yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Kayu yang digunakan biasanya diambil dari sisa kayu perkebunan atau bamboo. Bahan tersebut membuat MDF lebih ramah lingkungan. Kayu ini berbentuk lembaran yang siap dipotong sesuai dengan kebutuhan Anda.