Cara Mendesain Rumah yang Tahan Banjir

image001

Mengantisipasi bencana banjir yang terkadang datang secara mendadak karena faktor hujan yang terus menerus, atau karena sungai meluap maka diperlukan desain rumah yang tahan terhadap ancaman banjir.

Berikut adalah petunjuk bagaimana cara mendesain rumah tahan banjir :

1. Mendesain Rumah Menggunakan Pondasi yang Tinggi
Pondasi rumah yang tinggi akan menghambat jalannnya air masuk ke dalam rumah Anda dengan menimbun lokasi pondasi terlebih dahulu dengan tanah. Ketinggian pondasi sekitar 40 – 50 cm di atas jalan yang berada tepat di depan rumah anda.

2. Mendesain Rumah Panggung
Desain rumah panggung biasanya terbuat dari bahan papan. Rumah panggung juga dapat didesain dengan menarik seperti layaknya rumah dan gedung modern. Maka dari itu diperlukan kreatifitas yang tinggi untuk menciptakan dan mengabungkan beragam nuansa dan tema rumah panggung natural, maka rumah panggung akan terlihat menarik dan memiliki nilai estetika yang tinggi.

3. Mendesain Rumah Bertingkat
Jika Anda berada di sebuah daerah yang sering terjadinya banjir, buatlah rumah anda dengan model rumah bertingkat. Model rumah seperti itu cocok juga dibangun pada kawasan lahan yang sempit. Pertimbangkan pula pemilihan bahan untuk membangun rumah bertingkat. Untuk rumah bertingkat yang terbuat dari papan akan jauh lebih tahan terhadap bencana banjir dan gocangan gempa bumi, sementara untuk rumah bertingkat yang terbuat dari batu, akan sangat berbahaya apabila bangunan rumah runtuh.

Itulah Cara Mendesain Rumah yang Tahan Banjir barangkali bisa menjadi masukan dan ide untuk desain rumah idaman Anda . lihat koleksi desain rumah lainnya seperti berikut ini Mengulas Berbagai Jenis Kayu untuk Gazebo semoga bermanfaat. share dan like google+ jika anda berkenan .