Cara Mengatasi Rembesan pada Dinding

rembesan air dinding

Langkah awal untuk mengatasi dinding rumah yang lembab atau tampak bercak air adalah anda harus mengidentifikasi lokasi timbulnya bercak tersebut dan mencari tahu penyebab adanya bercak tersebut. Setelah mengidentifikasi penyebab dari bercak tersebut maka anda harus memikirkan solusi agar dapat mengatasi masalah tersebut.

Berikut adalah penyebab dan solusi pada masalah tersebut.

1. Air

Biasanya adanya bercak tersebut terjadi jika air tanah masuk ke dinding yang melalui kapiler material semen. Penyebabnya adalah rendahnya kualitas material plesteran yang ada di dinding bagian luar dan dalam.

Solusi : Kerok plesteran paling tidak 1 meter dari permukaan dan ganti dengan plesteran yang baru dengan perbandingan  komposisi pasir dan semen 3:1. setelah itu, anda dapat melakukan pengecatan dengan prosedur yang benar.

Selain itu, adanya pipa air yang bocor juga dapat menjadi penyebab timbulnya bercak pada dinding. Solusinya gantilah pipa air yang bocor kemudian plester dengan komposisi material yang benar.

2. Retak rambut dinding interior

Penyebab utama masalah tersebut adalah terdapat unsur pembentukan plester pada dinding anda yang tidak bersih, banyak mengandung tanah atau bahan lainnya, air untuk mengaduk semen dari comberan, proses pengacian yang belum saatnya atau plesteran yang belum kering.

Solusi : Retak rambut diperbesar sedikit dan tutup menggunakan plamir tembok, setelah mengering sempurna baru difinishing.