Jenis – jenis pondasi yang sering digunakan utuk bangunan

pondasi

Pondasi adalah bagian penting dari suatu bangunan gedung atau rumah. Fungsi utama pada pondasi adalah sebagai penahan berat beban senua bagian yang berada di atasnya atau gaya lain yang berasal dari luar yang berkaitan dengan bangunan yang di buat. Untuk itu, pemilihan pondasi sangat penting untuk jangka panjang.

Berikut adalah jenis – jenis pondasi yang sering digunakan utuk bangunan rumah atau gedung:

 1. Pondasi batu kali

Pondasi ini digunakan untuk membuat bangunan sederhyana dengan kondisi lahan yang baik. Bahan utama untuk pembuatan pondasi batu kali adalah batu kali , semen PC berwarna abu – abu dan pasir.

Pondasi ini tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Tetapi batu ini sangat sulit di dapat sehingga membutuhkan biaya yang besar untuk membuat pondasi dari batu kali.

2. Pondasi tapak

Pondasi ini sering dipakai untuk membuat gedung yang memiliki ukuran tinggi serta lahan yang bersifat lembek. Kadang kala juga ada yang membuat dengan pondasi ini namun dengan kombinasi batu belah/kali. Bahan untuk membuat pondasi ini adalah batu pecah atau split, pasir beton, semen PC, besi beton dan papan dari kayu.

Pondasi ini memiliki keunggulan utama yaitu biayanya lebih murah dan galian untuk tanahnya hanya sedikit sehingga dapat menghemat waktu dalam pengerjaan. Pondasi ini membutuhkan pendalaman ilmu struktur sehingga pondasi ini hanya bisa dikerjakan oleh orang tertentu saja.